Tatag Lanang

by

Fashion Runway “Tatag Lanang”

Sabtu Kliwon, 16 November 2019
Pukul 16.00-18.00 WITA | Borneo Bay Park
Plaza Balikpapan

“Tatag” dalam Bahasa Jawa diartikan sebagai karakter pemberani, tidak memiliki rasa was-was. Orang yang “tatag” akan selalu menuntaskan pekerjaan, meski dengan segala keterbatasan dan kesulitan. “Lanang” dalam Bahasa Jawa berarti laki-laki.

Gelaran fashion show Sabtu 16 November 2019 oleh Samantha Project mengambil judul “Tatag Lanang”. Menurut Atha Nalurita, pendiri dan desainer Samantha Project, Tatag Lanang ini seturut karakter baju-baju desainnya.

Artinya ada sebuah kebebasan terkontrol dalam mengekspresikan gaya berpakaian tanpa melupakan bagaimana kita ketika dilahirkan. Ini hak yang semestinya ada dalam memilih gaya busana bagi setiap orang.

Atha ingin menunjukkan bahwa ada semacam “benang merah” karakter maskulin dan feminin yang itu dapat mewujud sekaligus dalam busana “Tatag Lanang”. Ini sejatinya adalah tentang olah rasa fashion dan sudut pandang.

Tatag Lanang adalah gelaran fashion show tunggal pertama kali Samantha Project. Tidak mudah menggelar fashion show tunggal. “Tatag Lanang” tidak hanya sebatas gelaran fashion, ataupun ajang ekspresi Samantha Project. Tapi ini adalah kerja bareng, yang beranjak dari mimpi besar sekelompok anak muda, untuk ikut memberi warna fashion di Balikpapan.

Ini adalah titik finish dari persiapan selama tiga bulan, yang jauh sebelumnya sudah diawali dengan keinginan bersama. Namun Tatag Lanang juga sekaligus awal dari perjalanan panjang menuju event-event berikutnya yang lebih berwarna.

Ada 20 model yang memeragakan busana Tatag Lanang, seluruhnya laki-laki. Busana-busana tersebut terinspirasi dari busana kimono Jepang. Atha memang banyak terinspirasi oleh busana-busana asal negeri matahari terbit itu. Tapi ia mewujudkannya di Tatag Lanang, dengan kain Nusantara seperti lurik.

Event Tatag Lanang ini terselenggara atas kerja sama sejumlah pihak, antara lain Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kota Balikpapan, serta Plaza Balikpapan.

Samantha Project adalah brand fashion di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur yang berbasis usaha jahit rumahan. Beranjak dari pemikiran Atha Nalurita yang ingin membuka usaha modiste–jahit busana wanita, namun dengan aktivitas yang beragam.  Menjadi penjahit kekinian, itulah semangat awalnya.

Atha memulainya pertengahan tahun 2014. Di masa-masa awal itu, Atha memakai nama Modiste Samantha. Atha mulai mengenalkan nama “Samantha Project” saat mengikuti pameran Pop Up Market di kompleks Mal Balikpapan Baru, Oktober 2015. Sebelum Tatag Lanang digelar, Atha telah 5 kali mengikuti trunk show.

 

No tags

No Comments Yet.

What do you think?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.