TATAG LANANG, FASHION RUNWAY by SAMANTHA PROJECT

by

Samantha Project akhirnya menggelar fashion show tunggal untuk pertama kali, pertengahan November 2019 lalu. “Tatag Lanang” adalah judul yang diangkat. Bisa jadi, ini adalah gelaran fashion runway pertama di Balikpapan—atau bahkan di Kaltim—yang konsepnya beda.

“Tatag” dalam Bahasa Jawa diartikan sebagai karakter pemberani, tidak memiliki rasa was-was. Orang yang “tatag” akan selalu menuntaskan pekerjaan, meski dengan segala keterbatasan dan kesulitan. Sedangkan “lanang” dalam Bahasa Jawa berarti laki-laki.

Atha Nalurita, pendiri dan desainer Samantha Project, mengatakan Tatag Lanang seturut karakter baju-baju desainnya. “Artinya ada sebuah kebebasan terkontrol dalam mengekspresikan gaya berpakaian tanpa melupakan bagaimana kita ketika dilahirkan,” ujar Atha alias Mbak Samantha ini.

Dia melanjutkan, ini adalah hak yang semestinya ada dalam memilih gaya busana bagi setiap orang. Mbak Samantha ingin menunjukkan bahwa ada semacam “benang merah” karakter maskulin dan feminin yang itu dapat mewujud sekaligus dalam busana Tatag Lanang.

“Ini sejatinya adalah tentang olah rasa fashion dan sudut pandang,” kata Mbak Samantha seraya menyebut insipirasinya untuk Tatag Lanang berpijak dari busana tradisional Jepang seperti kimono dan yutaka.

Mbak Samantha memadukan kain linen, katun, dan lurik untuk 20 look yang ditampilkan, seturut 20 model laki-laki yang membawakan desainnya. Busana-busana itu dipadukan dengan beberapa properti seperti topi, sandal bakiak kayu, hingga bunga.

Ahmad Fauzan, Marketing Communication Plaza Balikpapan antusias merespons event Tatag Lanang. Fauzan atau yang bisa dipanggil Ocan ini berharap, ke depan, semakin banyak event-event menarik seperti gelaran fashion runway digelar.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Balikpapan Arita Rizal Effendi memberi apresiasi atas gelaran Tatag Lanang. “Sekarang yang ngetren, model harajuku Jepang. (Tatag Lanang) desain baju laki-laki. Mereka (para model) tampilannya kan juga macho,” kata Arita, mengomentari Tatag Lanang.

Arita pun berharap gelaran fashion show bisa dihelat rutin di Balikpapan. Ia lantas mengaitkannya dengan Ibu Kota Negara (IKN). Balikpapan mesti bersiap sebagai tetangga IKN. Ranah fashion dilihatnya sebagai industri kreatif yang bisa jadi keunggulan Balikpapan.

Mbak Samantha lebih jauh menyampaikan, tidak mudah menggelar fashion show tunggal ini. “Tatag Lanang” tidak hanya sebatas gelaran fashion, ataupun ajang ekspresi Samantha Project. Tapi ini adalah kerja bareng, yang beranjak dari mimpi besar sekelompok anak muda untuk ikut memberi warna fashion di Balikpapan.

Tatag Lanang adalah titik finish dari persiapan melelahkan selama tiga bulan, yang jauh sebelumnya sudah diawali dengan keinginan bersama. Namun Tatag Lanang juga sekaligus awal dari perjalanan panjang menuju event-event berikutnya yang lebih berwarna.

Event Tatag Lanang terselenggara atas kerja sama sejumlah pihak, antara lain Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kota Balikpapan, serta Plaza Balikpapan. Juga grup Angara yang mengisi keseluruhan musik pengiring gelaran Tatag Lanang, yang berdurasi sekitar 20 menit ini.

Samantha Project adalah brand fashion di Balikpapan, Kalimantan Timur yang berbasis usaha jahit rumahan. Beranjak dari pemikiran Mbak Samantha yang ingin membuka usaha modiste–jahit busana wanita, namun dengan aktivitas yang beragam. Menjadi penjahit kekinian, itulah semangat awalnya.

Atha memulainya pertengahan 2014. Di masa-masa awal itu, Atha memakai nama Modiste Samantha. Atha mulai mengenalkan nama “Samantha Project” saat mengikuti pameran Pop Up Market di Mal Balikpapan Baru, Oktober 2015. Sebelum Tatag Lanang digelar, Atha telah 5 kali mengikuti trunk show.

Warga Desa Galia yang dikirimi foto dan video Tatag Lanang, ikut bergembira. Asterix dan Obelix ternyata juga datang diam-diam untuk mengejutkan Mbak Samantha. “Tapi coba waktu Samantha Project mengumumkan calling artist saya tahu. Kan bisa mendaftar,” ujar Obelix. Tapi sepertinya kalau Obelix, memang enggak bisa jadi model sih. Perutnya itu lho.

TATAG LANANG
Styled by @jeje_mtj ⁣⁣
Captured by @achmadwisnu ⁣⁣
Music by @angara.official ⁣⁣
Stage Director @_shelvicynthia ⁣
Video by @adamchalid_ ⁣⁣
Hall of fame by @roelafleurs ⁣⁣
Handled by @ngrencangi ⁣⁣
⁣⁣
Sponsored by⁣⁣⁣
@disporapar_balikpapan ⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
@plazabalikpapan⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
Supported by⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
@foodjazzproject⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
@roelafleurs⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
Brought to you by⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
@ngrencangi⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣

For more photos : instagram : @samanthaproject

visit our website : www.modistesamantha.com

 

 

 

No tags

No Comments Yet.

What do you think?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.