SHIBORI DAN SOLITUDE

by

Tak lama berselang seusai photo session bertema shibori, ajakan berkolaborasi datang lagi. Bikin video alias klip singkat yang bisa jadi “media kampanye”. Ah, nulis “kampanye” kayak gini mengingatkan pemilihan kepala daerah yang sebentar lagi digelar.

Tapi untunglah, yang ini beda. Karena, ini kampanye yang asyik, segar, dan menyenangkan. Mas Freyke yang jadi “dirigen”, dibantu Mbak Sari Dimas owner “Ame Models” yang membawa tiga model. Dan, Mbak Samantha, seperti biasa, menghandle urusan penyiapan baju.

Lokasi ditentukan di tepi pantai. Aha, dirangkai dengan acara piknik, kah? Bisa dikatakan kira-kira begitu agenda lanjutannya. Cuman nih lokasi enggak jauh dari pusat keramaian Balikpapan. Deket banget, karena di pantai pusat kota. Tepatnya, di sebelah Hotel Le Grendeur.

Selama dua jam, Mas Freyke yang kalungan kamera terus ini, main panas-panasan dikit sampai senja menjelang. Menemani tiga model yang memakai busana shibori ala Samantha dan berkutat dengan pasir pantai.

Busana shibori bikinan Mbak Samantha kali ini diberi judul “Solitude” yang bermakna lebih kurang “kesendirian”. Hm.. apa ya yang ada dalam benak Mbak Samantha, kok judul bajunya begitu. Sedang sedih? enggak juga.

“Kesendirian. Keinginan sejenak menepi dari hiruk-pikuk hari, untuk sekadar merefleksi diri sendiri. Seperti itu penting dan menarik,” ujar Mbak Samantha, owner modiste Samantha a.k.a Samantha Project ini.

Karena itu, Mbak Samantha mendesain dan menjahit sebagian baju-baju ini di malam hari. Sendiri. Selepas larut malam, malah. Ketika sudah selesai menjahit baju-baju pesanan pelanggan, biar enggak keburu-buru.

Kebetulan pula, susana pantainya, saat pengambilan gambar, cukup sepi. Kapal-kapal nelayan nampak di kejauhan, terayun-ayun di perairan Teluk Balikpapan. Debur ombak memukul-mukul pasir pantai. Semburat merah terhampar di ujung langit, senja menjelang.

Secara motif, kain shibori cukup pas menggambarkan kesan kesendirian, perenungan. Perpaduan warna yang kalem, corak yang simpel, dan suana pengambilan gambar yang nyantai, solitude bisa hadir.

Kesendirian, solitude, bukan kelemahan. Hanya tentang berhenti sejenak, atau memelankan langkah. Keluar sebentar dari “barisan”, lalu berdiri melihat apa saja yang selama ini kita masuki dan jalani.

Menyerap energi sejenak dari sekitar. Itu diperlukan Mbak Samantha yang saban hari berkutat dengan jarum, benang, kain, pendedel, gunting, metlen, mesin jahit, mesin obras, sampai mesin neci.

Menyelami busana shibori, salah satu cara menyerap energi. Dan jadilah klip-nya, yang berdurasi 1 menit. Juga sejumlah foto bidikan Mas Freyke. Juga sudah diposting via instagram. Setelah menuntaskan solitude, Mbak Samantha kembali menyusun “puzzle” ide. What’s next.

Sembari menyeruput coklat panas, dan melihat suasana Jepang. Kapan ya Mbak Samantha ke Jepang. Pengen beli shibori di negeri asalnya. Juga pengen ketemu Doraemon, dan nengokin apa isi kantongnya kok enggak pernah habis.

Dan ini dia, klip tjakep bikinan Mas Freyke, hasil kolaborasi dengan Mbak Samantha, penjahit baju kekinian, di Kota Balikpapan.

Video samantha – freyke

No tags

No Comments Yet.

What do you think?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.