Modiste, Tailor, Butik, Apa Bedanya ?

by

Suatu ketika Mbak Samantha pernah ditanya salah satu pelanggan. “Mbak, butiknya di mana?” begitu pertanyaannya. “Oh, Samantha belum butik. Samantha masih workshop, atau bisa juga disebut bengkel mode. Untuk sementara ini, lokasinya masih di rumah,” jawab Mbak Samantha.

Ehm, jadi begini. Dalam dunia fashion memang dikenal banyak istilah. Ada modiste, ada tailor, dan butik. Ada juga istilah couturier. Ini semua baru sebagian istilah, lho. Coba kita urai satu per satu, dimulai dari “modiste” yang berarti penjahit busana khusus wanita.

Sedangkan kalau istilah untuk penjahit khusus busana pria yakni “tailor”. Sejauh pemantauan mbak Samantha, yang lebih banyak bertebaran–setidaknya di Balikpapan–adalah modiste. Maklum, kaum hawa yang biasanya lebih perhatian dan memerlukan busana yang personal.

Biasanya modiste dan tailor tidak bercampur. Tetapi ada juga yang campur. Makanya ada sebagian penjahit yang memasang papan “penjahit busana pria dan wanita”.  Ilmu modiste dan tailor ini berbeda, namun sebagian penjahit bisa menguasai dua “jurus” ini.

Kita lanjut ke istilah berikutnya: butik (boutique), artinya toko atau outlet yang menjual pakaian berkualitas dengan harga di atas rata-rata. Meski pada perkembangannya, butik akhirnya lebih diposisikan sebagai toko baju yang produknya tidak lagi harus dibanderol mahal.

Kalau couturier (Bahasa Perancis), berarti orang atau perusahaan yang membuat pakaian sesuai pesanan pelanggan. Bisa cowok bisa cewek, berarti.  Istilah lain dari tailor dan modiste di negerinya pesepakbola Zinedine Zidane, hehe.

Lha trus, maksud Mbak Samantha bilang “workshop”  alias “bengkel mode” itu gimana?. Aha, itu sih, simpel saja. Workhsop atau bengkel mode, itu nama lain dari rumah produksi.  “Untuk memberi gambaran bahwa Samantha tidak hanya modiste,  tapi juga tailor meski belum sepenuhnya. Selain itu juga karena Samantha kan menjual produk baju siap pakai,” ujar Mbak Samantha.

Mengingat ilmu modiste dan ilmu tailor yang berbeda, dan karena Mbak Samantha berguru pada suhu (guru) modiste yang adalah ibunda sendiri, maka Samantha  sejatinya ber-genre modiste. Mbak Samantha kemudian mempelajari ilmu tailor, meski belum sampai tingkat akhir.

Khusus busana pria, Samantha Balikpapan baru memulai setengah tahun ini. Masih sebatas membuat kemeja dan celana. Tetapi ke depan, Samantha tentu saja akan membuat  juga jas. Tunggu saja tanggal mainnya. Oh, iya, Mbak Samantha puny akun instagram di  @samanthaproject  @samantha_project_storehouse. Akun youtube : Samantha Project. Sedangkan website, satu saja, web ini : www.modistesamantha.com (Salam Samantha)


BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA :

Masker Samantha Project “Melawan” Pandemi Corona

https://modistesamantha.com/trunkshow-percik-samantha-project-amb-boys-girls/

Channel Youtube Samantha Project Sudah Meluncur

“TATAG LANANG” Fashion Runway by Samantha Project

Sejarah “Mata Nenek”

Shibori dan Solitude – Samantha Project

Berapa Jumlah Merek Mesin Jahit Sedunia ? Yuk Dihitung

Mbak Samantha Bertanya – Mbak Samantha Menjawab

Mencari Tukang Jahit di Balikpapan ? Ke Sini

 

ADA SAMANTHA PROJECT DI BUKU “SAYA KAMU MEREKA”

 

No tags

No Comments Yet.

What do you think?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.