MASIH TENTANG SHIBORI, KOLABORASI TANPA HENTI

by

Eksplorasi terhadap kain-kain shibori adalah sesuatu hal yang menyenangkan. Semakin menggembirakan karena ini juga membuat Mbak Samantha semakin banyak berkolaborasi. Kali ini sama mas Ody, mbak Pundan Katresnan dan adiknya, Agmiranda.

Bukan menampilkan ke-glamor-an, tapi keunikan-kesederhanaan, kira-kira begitu konsep awal yang ada di pikiran Mbak Samantha. Seminggu memikirkan desain dan menjahitnya, sekira cukup. Pas juga dengan ide yang kebetulan sedang desak-desakan di kepala. Deal.

Mas Ody “Odzslow” memilih hari yang cukup terik. Untunglah rerimbunan hijau dan rumah papan di pesisir Banua Patra Balikpapan, bisa lumayan meneduhkan. Selama dua jam, Mbak Pundan dan adiknya ini sedikit “dipanggang”. Tepatnya terpanggang bahagia, yeay.

Mas Ody dan kawannya memasang backdrop yang juga dari kain shibori. Wah, ini memang beneran pesta shibori. Tinggal kuenya, dan tiup lilinnya. Tiup lilinnya, tiup lilinnya, tiup lilinnya sekarang juga, sekarang juga, sekarang juga… Nah, malah jadi nyanyi, khan.

Balik oii, ke topik. Iyak, iyak, fokus. Jadi, begini, shibori kreasi Mbak Samantha yang ditampilkan masih seputar corak-corak abstrak, berwarna paduan merah, hitam, biru, dengan sekian gradasinya. “Batik” asal Jepang ini memang beneran memesona.

“Ibarat mobil sedan lawas, shibori ini sepertinya tidak lekang oleh waktu. Sebab, coraknya sedemikian banyak, terbuka untuk dieksplorasi, gradasi warnanya kaya dan keren, eksotis, dan bisa nempel ke banyak warna kulit,” ucap Mbak Samantha.

Tapi, omong-omong, kok jadi menyentil soal mobil sedan lawas, ya? Ada apa? Biarin, namanya juga penggemar lawasan. Sering nyetir mobil lawas ternyata salah satu resep di balik tenaga Mbak Samantha yang (nampaknya) selalu aja ada kala menjahit.

Maklum, lantaran enggak ada power steering-nya sih, besi tua yang sudah menggelinding hingga 26 tahun ini. Bagus untuk memperkuat otot trisep dan bisep. Lihat cermin, lihat cermin… Haduh, obrolan malah ngelantur ke otomotif. Mbak Samantha ini tukang jahit apa tukang bengkel kendaraan?

“Kembali ke obrolan awal. Akhir tahun 2017 dan awal tahun 2018, menggarap shibori kayaknya menyenangkan. Sebab sedikit pelanggan yang menjahitkan kain shibori, karena biasanya yang dibawa kan batik, katun, dan kain jenis lain,” katanya.

Alhasil, terbuka ruang luas untuk menggali imaji ber-shibori-ria. Disamping itu, kolaborasi dengan para pakar jeprat-jepret alias fotografer khusus fashion, sama menariknya. Ajakan kolaborasi dari mas Ody pun, ketika datang, langsung diiyakan. Bungkuuus. Berangkaaaat.

Jadi banyak dong aktivitas Mbak Samantha. Menjahit, iya. Baca novel dan komik, iya. Jalan-jalan, iya. Ngeteh dan ngopi, iya. Senam, iya. Nonton tayangan channel fashion, iya. Cuman, empat tahun belakangan ini, aktivitas menjahit sudah menyita waktu 90 persen. Tambah satu persen, ah, biar kayak candaannya Cak Lontong. Fiks, 91 persen, ya.

“Bereksplorasi dengan shibori, menemukan desain baru, itu penting. Tapi, terus berkolaborasi dengan para pakar di bidang fotografi, itu juga wajib. Sama-sama menggali pengalaman dan bertukar wawasan,”kata owner Modiste Samantha alias Samantha Project, penggemar komik Miiko ini.

Menyamakan ide adalah tantangan yang mengasyikkan. Sama mengasyikkannya ketika Mbak Samantha baper kala memainkan intro lagu “Nothing Else Matters”-nya Metallica. Aha, mendadak kepo, pengen tau gimana Mbak Samantha main gitar? Tunggu yaks, tanggal main dan tayangnya.

Lho, wait, wait, wait. Bisa main gitar, kah? Beneran? “Bisa donk. Masa cuma njahit, skill-nya,” gitu kata Mbak Samantha. Busyet, nih, anak. Agaknya bisa diajak kolaborasi, ….. mungkin itu yang bakal nangkring di pikiran Pakde Kirk Hammett kalau denger kabar ini.

Semoga Pakde Hammett beneran mampir Balikpapan, agar bisa tukeran gitar sama Mbak Samantha. Ah, indahnya berbagi.. Oke, oke, kita lanjut ke topik lagu yang tadi. Hm…selain intro Nothing Else Matters, lagu apa lagi yang bisa Mbak Samantha gitarin? Lama tak ada suara, sampai kemudian Mbak Samantha lirih menjawab, “Rahasia…”

Eaaa…Salam Samantha

15 feb 2018

No tags

No Comments Yet.

What do you think?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.