BERAPA JUMLAH MEREK MESIN JAHIT SEDUNIA ? YUK DIHITUNG

by

Penasaran mencari tahu berapa jumlah merek mesin jahit di dunia? Sama. Mbak Samantha juga sama penasarannya. Kita-kira berapa jumlahnya. Tebakan awal, jumlahnya sekitar 300 merek.

Mungkin ini akan jadi artikel di web yang terpanjang, karena selalu bersambung. Begitu nemu satu merek yang belum tercatat, akan langsung disematkan dalam daftar.

Tapi, sebelum ke sana, Mbak Samantha mau mengulik-ulik sedikit seputar merek mesin jahit yang rada jarang terdengar meski sejatinya beken. Ternyata, temen sendiri, punya mesin jahit listrik merek “Riccar”. Pernah denger? Mbak Samantha sih sudah tahu merek ini. Sejak bulan lalu, tepatnya, hehe.

Riccar aseli bikinan Jepang. Mbak Yuli, teman Mbak Samantha itu bilang mesin jahitnya didapat sekitar tahun 2000. Wah sudah 15 tahun lebih, usianya. “Tapi kayaknya sebelum saudara memberikan ke saya, mesin jahit ini sudah setahun-dua tahun dia miliki,” begitu kata Mbak Yuli.

Selama ini, si-Riccar yang dipasangi dinamo ini, bisa dikata, tidak pernah rewel-manja. Cuma ganti jarum, saja, ibaratnya. Sehari-hari Mbak Yuli yang juga owner “Barakati”, produsen rok-di Balikpapan ini, menjahit pakai mesin itu. Di rumah dia, Riccar ditemani Singer keluaran terkini.

Tampilan mesin jahit Riccar yang entah seri berapa ini, cukup oke. Bisa dilihat di gambar, di bawah artikel panjang ini. Lalu gimana performa Riccar. Mbak Yuli bilang fine-fine saja. Mbak Samantha jadi teringat akan mesin-mesin jahit milik sang ibu di Yogyakarta yang masih dipakai. Sebagian mesin-mesin bermerek “Singer” itu menjadi saksi ketika Mbak Samantha mulai belajar merangkak.

Singer yang jadul itu, sepertinya lebih perkasa ketimbang Singer kekinian yang diangkut Mbak Samantha lima tahun lalu daritoko. Rasanya lebih mantep dan lega kala njahit memakai Singer lama. Mungkin, iya. Dan mungkin juga hanya semata imbas perasaan Mbak Samantha sebagai penggemar barang jadul, hehe.

Kalau sekarang, Mbak Samantha memercayakan urusan hantam kain dengan beberapa merek. Selain karena sudah mantep, juga sekaligus penasaran. Untuk jahit-menjahit, Mbak Samantha pakai mesin jahit listrik industri merek “Juki”, dibantu mesin skala rumahan “Singer” dan “Brother”. Ngomong-omong soal merek Brother ini, tiba-tiba Mbak Samantha kok teringat mesin tik, ya.

Sementara untuk urusan obras-mengobras, menggunakan “Kaesar” serta “Janome”. Tengok kanan-tengok kiri, merek-merek mesin jahit yang ada di workshop Mbak Samantha ini ternyata bikinan Tiongkok (China). Meski si Brother mencantumkan stiker bertuliskan “didesain dan dibawah lisensi pabrik di Jepang”. Tetep aja bikinnya di negeri tirai bambu.

Testimoninya selama memakai, adalah so far so good. Sejauh ini baik-baik saja alias lancar jaya. Tapi ya tetap dengan secuil catatan, yakni mesin mesti dirawat. Jika terasa enggak enak ya diservis. Jangan lupa teteskan minyak. Jika mesin jahit berdebu, ya di lap. Hehe.

Okay, mari kita melanjutkan ke topik awal, yakni mendata secara santai, apa saja merek-merek mesin jahit yang ada di banyak negara. Juga sekalian merek-merek mesin obras, dan asal negara pembuatnya. Tak terbatas, apakah itu merek jadul, atau yang baru.

Merek-merek yang masih eksis, maupun yang mungkin sudah tidak ada lagi, atau tak tahu rimbanya sekarang, tetap dicantumkan. Biar lega. Biar tuntas penasarannya. Yang tidak masuk di daftar hanya mesin jahit “plastik” dan “mainan” yang bertenaga baterai.

Karena Mbak Samantha penggemar lawasan, foto-foto mesin jahit yang dicomot dari internet-kecual mesin jahit Riccar-dipilih yang lawasan pula. Mesin-mesin yang lahir di era 1970-2000. Namun ada juga satu-dua merek, yang dipilih dari “zaman dahulu” seperti Ellas Howe.

Semoga daftar yang sudah lumayan panjang ini bisa semakin panjang dari hari ke hari. Mohon masukannya ya. Oke, ambil nafas, mari kita mulai sensus kecil nan menarik ini.

1. Atlas
2. Bernina (Italia)
3. Brother (Jepang)
4. Butterfly
5. Collier (Jerman)
6. Domestic (AS)
7. Dressmaker (Jepang)
8. Ellas Howe (AS)
9. Embassy
10. Fleetwood
11. Ford Deluxe
12. Gloriana (Jerman)
13. Harris’s (Jerman)
14. Honkon
15. Imperial
16. Janome (Jepang)
17. Juki (Jepang)
18. Justta
19. Kaesar (China)
20. Keestar
21. Kenmore (Jerman)
22. Life
23. Mercedes
24. Messina
25. Modern
26. Morse
27. Nissin
28. Nelco
29. Necchi (Italia)
30. Oemer
31. Peerless
32. Pegasus
33. Phoenix (Jerman)
34. PFAFF (Jerman)
35. Remington
36. Riccar
37. Rotar (AS)
38. Singer (AS/China)
39. Standard
40. Sterling
41. Stitchmatic
42. Toyota (Jepang)
43. Tula (Rusia)
44. Typical (China)
45. Ultrafeed (AS)
46. Universal
47. Vigorelli (Italia)
48. Visetti (Italia)
49. Volga (Rusia)
50. Wizard
51. Yamata
52. ……

No tags
7 Responses
  • hanna
    November 12, 2019

    hai mba samantha, terimakasi infonya membantu. mba kalo bole tanya ada panduan untuk mesin jahit riccarnya?

    • Adi Prasetya
      June 17, 2020

      tidak punya mbak.. tapi pada dasarnya semua mesin jahit sama kok.

  • Yayuks
    December 16, 2019

    Hai Mbak salam kenal
    Saya Yayuk di Kalbar. Saya punya mesin riccar yg di fotonya Mbak itu.
    Peninggalan almarhum mama saya. Beliau dulu juga belinya dari “barang kapal”istilahnya kalo disini.
    Melihat tulisan Mbak saya jadi semangat nih untuk ngutak-ngatik nya.
    Kayaknya mesin mahal di zamannya ya hihi

    • Adi Prasetya
      June 17, 2020

      jarang yang punya mesin merek riccar sekarang, mbak. krena yang banyak beredar merek singer, butterfly, janome, brother, messina, juki. ayo kita semangat bareng-bareng. makasih sudah membaca website samantha ya. silakan juga ke instagram @samantha_project

  • Juna fae
    July 29, 2020

    Kayaknya admin belum begitu berpengalaman tentang pengetahuan mesin jahit…. srbagai koreksi janome dan juki adalah merk jepang… terima kasih

    • Adi Prasetya
      August 29, 2020

      okay, trimakasih koreksinya yaks. silahkan mengunjungi instagram kami juga @samanthaproject dan @samantha_project_storehouse

  • Mateus Suwarsono Ars
    December 28, 2020

    Hahaha…
    Menarik infonya.
    Saya M. Suwarsono Ars
    Lahir dan besar di Yogya.
    Tapi sejak tahun 1097 hijrah ke Medan.
    Saya hobi juga menjahit. Walaupun otodidak.
    Mungkin karena mendiang ibu saya dulu menerima jahitan di rumah.
    Saya memiliki mesin jahit lawas. merk Prawn. Tapi saya coba lacak, tak menemukan informasi terkait mesin itu.
    Produk dari mana, diproduksi sekitar tahun berapa. dsb.
    Selain untuk menambah list merk mesin jahit. Adakah yang boleh memberi info tentang itu.
    Terimakasih.
    Salam kenal
    Salam sehat selalu
    Rahayu.

What do you think?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.